Rebut Ribuan Beasiswa LPDP untuk S-2 & S-3

Beasiswa - Pemerintah Indonesia melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menyediakan dana beasiswa untuk ribuan mahasiswa. Beasiswa akan diberikan kepada pelamar yang hendak melanjutkan studi S-2 dan S-3 di kampus dalam dan luar negeri.

Beasiswa LPDP ini difokuskan pada enam bidang keilmuan yakni teknik, sains, pertanian, akuntansi/ keuangan, hukum dan agama. Keenam bidang tersebut adalah bidang-bidang yang mendukung program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi (MP3EI).

Pendaftaran dilakukan secara online di laman LPDP. Penerima beasiswa LPDP harus memahami dan menyetujui persyaratan dan ketentuan beasiswa, yakni menyelesaikan studi maksimal dalam dua tahun untuk program Magister, dan empat tahun untuk program Doktor.

Pelamar harus sudah memiliki gelar S-1 untuk mendaftar ke jenjang S-2, berusia maksimal 35 tahun dan memiliki nilai IPK minimal 3,00 (skala 4). Pelamar S-3 harus memiliki ijazah S-2, usia maksimal 40 tahun dan memiliki nilai IPK minimal 3,25 (skala 4).

Pelamar jenjang S-2 harus memiliki nilai TOEFL ITP minimal 500, sedangkan pelamar jenjang S-3 harus memiliki nilai TOEFL PBT minimal 550 atau yang setara untuk studi pada program Magister/Doktor di perguruan tinggi luar negeri dan/atau telah memiliki Letter of Acceptance (LOA).

Pelamar harus memilih program studi dan/atau perguruan tinggi yang direkomendasikan oleh LPDP. Pelamar juga harus mengunggah esai dengan tema "Peranku bagi Indonesia" atau "Sukses terbesar dalam hidupku". Lampiran lainnya adalah rencana studi untuk program Magister.

Sementara itu, dokumen pendukung yang perlu disiapkan adalah:
1. Cetak Formulir Pendaftaran online
2. Ijazah dan Transkrip Asli
3. Sertifikat TOEFL/IELTS/TOAFL dan yang setara
4. Sertifikat Prestasi
5. Surat Pernyataan Tidak Pernah Terlibat Tindakan Melanggar Hukum
6. Surat Pernyataan Tidak Pernah Terlibat Tindakan Melanggar Kode Etik Akademik
7. Surat Pernyataan mengabdi Kepada Kepentingan Bangsa Indonesia
8. Surat Pernyataan Tidak Menerima Beasiswa dari Sumber lain
9. Surat Izin Belajar dari atasan bagi yang sedang bekerja
10. Surat Keterangan dari tokoh masyarakat bagi yang belum/tidak sedang bekerja
11. Esai

Agar tidak keliru, pastikan menyimak penjelasan tentang dokumen pendukung yang perlu dipersiapkan di laman beasiswa LPDP.

sumber :liputan6.com

0 Response to "Rebut Ribuan Beasiswa LPDP untuk S-2 & S-3"

Post a Comment